Rabu, 20 April 2011

Rombongan Srikandi Tiba di Jepara

Suara Merdeka, 20 April 2011

Jepara, CyberNews
. Sepuluh Srikandi Bike to Work yang tiba Jepara pada Selasa (12/4) melanjutkan aktivitas di Bumi Kartini dengan mengunjungi lokasi-lokasi pariwisata yang ada di Kota Jepara kemarin.

Para anggota Srikandi adalah Lucy Iskandar (29), Tense Manalu (38), Rahma Anggraeni (30), Aristi Majid (30), Rahmi Diyarti (35), Rifa Ilyasa (35), Meika Manullang (27), Evie Permatasari (39), Seklie Patyuniestri (31), dan Rini Rismiati (35)

Setibanya di Jepara, mereka mengunjungi Pendopo Jepara dimana RA Kartini dipingit, Museum Kartini, Sentra Kerajinan Mulyoharjo, Pantai Bandengan dan diakhiri pada Kura-kura Ocean Park di Pantai Kartini.

Evie Permatasari, salah satu anggota mengaku, "Saya yang paling terkesan memang keberaniaan Kartini saat berusia 12 tahun yang berani mengatakan kepada perajin untuk tetap mengukir dan tidak usah takut dosa. Sikap itu bisa dibilang kenakalan dalam tanda kutip, tetapi menunjukkan perhatian Kartini atas masyarakat luar biasa," ucap Evie.

Menurutnya, keberanian Kartini kecil bersikap seperti itu memiliki andil memajukan ukir Jepara. "Saya juga salut dengan rasa seni yang dimiliki Kartini karena ada beberapa peninggalan Kartini yang memiliki seni," ucapnya.

Sementara itu, Meika Manullang dan Aristi Majid menjelaskan terkesan dengan kebersihan dan kerapian Kota Jepara yang berkali-kali mendapatkan penghargaan Adipura berkali-kali. Ia berharap soal transportasi ke Pulau Karimunjawa agar bisa dibenahi.

Sementara itu, Bupati Hendro Martojo kegiatan yang dilakukan sepuluh perempuan itu merupakan salah satu cara meuwujudkan cita-cita Kartini. Dengan bersepeda, lanjutnya, Srikandi berkampanye pentingnya menjaga lingkungan. "Sungguh perkasa, kota demi kota dilalui sambil mengajak masyarakat mencintai lingkungan yang hijau sekaligus napak tilas Kartini," jelasnya.

Sebagai ungkapan terima kasih, Bupati atas dana Pemkab Jepara dan seluruh masyarakat memberikan piagam penghargaan dan cendera mata kepada segenap awak Srikandi. ( Akhmad Efendi / CN26 / JBSM )