Kamis, 16 April 2009

KSMW Gelar Lomba Penulisan Artikel Ilmiah

Kelompok Studi Mahasiswa Walisongo (KSMW), salah satu unit kegiatan mahasiswa di kampus IAIN Walisongo Semarang menggelar Lomba Penulisan Artikel Ilmiah tingkat MA/SMA atau sederajat Se-Jawa Tengah. Kegiatan ini diadakan dalam rangka peringatan HUT KSMW ke-23.

M Royani, ketua panitia menyatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan budaya membaca dan menulis di kalangan pelajar khususnya di Jawa Tengah.

"Pelajar di Jawa Tengah perlu menumbuhkan kultur membaca dan menulis, salah satunya dengan partisipasi aktif dalam lomba penulisan artikel ilmiah," katanya.

Adapun tema lomba, kata Royani meliputi Hedonisme dan Remaja, Seni Yes Narkoba No, Internet bagi Pelajar, Membangkitkan Jiwa Nasionalisme, dan Menjadi Pelajar Kreatif.

Dia menambahkan, ketentuan lomba yang harus diperhatikan: 1) tulisan karya asli, belum pernah dipublikasikan di media massa ataupun buku. 2) panjang tulisan 8-17 halaman (A4, spasi: 1,5) menggunakan font Garamond. 3) tulisan ilmiah: menggunakan bahasa Indonesia baik dan benar, terdapat referensi dan kutipan (foot note atau end note) disertai analisis kritis, obyektif dan aktual: bukan normatif-deskriptif.

4) karya dikirim dalam bentuk print out dan soft file ke Sekretariat KSMW: Jl. Prof. Dr. Hamka Km 02 Gedung PKM, Lantai II, Kampus III, IAIN Walisongo, Ngaliyan Semarang 50185 dan via email: ksmwali9@gmail.com. Paling lambat 3 Juni 2009, pukul 16.00 wib. Sedangkan pengumuman pemenang: 10 Juni 2009 mendatang. 5) identitas penulis (nama lengkap, asal sekolah, kelas, jurusan, alamat surat, telepon dan email) hendaknya ditulis terpisah dengan naskah tulisan yang dikirim.

6) peserta boleh mengirim lebih dari satu naskah, dengan tema yang sama ataupun tidak. 7) keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat. 8) naskah yang masuk dan tidak masuk nominasi, akan mendapatkan penilaian dan komentar balik dari panitia via email. 8) pengirim masih berstatus pelajar, terhitung sejak pengiriman, dibuktikan dengan cetak scan Kartu Tanda Siswa (KTS) madrasah/ sekolah yang bersangkutan. 9) yang tidak memenuhi kriteria, akan didiskualifikasi.

Lomba ini memperebutkan hadiah senilai Rp. 500.000,- untuk juara pertama, Rp. 350.000,- bagi juara dua, Rp. 250.000,- untuk juara ketiga, sedangkan
Tujuh juara harapan lain akan mendapatkan setifikat dan uang pembinaan dari panitia penyelenggara.

"Sepuluh finalis terbaik akan dihubungi panitia, diundang untuk mepresentasikan karyanya di hadapan dewan juri dan panitia. 60 persen penilaian diambil dari kualitas karya tulis, sementara 40 persen lebihnya dari presentasi" tambahnya.

Untuk informasi lengkap mengenai lomba ini bisa menghubungi M Abdullah Badri (085 226 228 507) dan M Royani (085 223 526 953).

1 komentar:

Anonim mengatakan...

moga2 ada pelajar Jepara yang ikutan lomba ini. Amiiin.